Penemuan Penting Bagi Manusia Untuk Kehidupannya

penemuan penting bagi manusia

Ayahbang | Bila teori evolusi terhadap manusia benar, maka manusia berubah kearah yang salah karena manusia jauh lebih rapuh dibanding kera. Kita jauh lebih rapuh dibanding karena tidak punya kegesitan menyelamatkan diri, tidak punya kulit sekeras badak dan tidak punya punuk untuk menyimpan air seperti unta. Kelebihan kita hanya pada akal yang selalu berusaha melakukan penemuan penting bagi manusia.

Otak manusia memang spesial. Otak kita mampu mengolah informasi yang kita terima dan mencari jalan keluarnya. Terus mencari cara untuk mempermudah kehidupannya dengan terus mencari penemuan penting bagi manusia. Sebagian diantaranya menjadi keniscayaan sehingga manusia sulit hidup tanpanya.

Berikut adalah beberapa penemuan penting bagi manusia yang ditujukan untuk mempermudah kehidupannya.

Api

penekuan penting manusia - api
Api memudahkan manusia menghangat diri dan membantu berpindah tempat

Tidak ada yang mengetahui siapa yang menemukan, mengendalikan dan memanfaatkan api. Yang jelas api sudah digunakan oleh manusia purba sejak 790 ribu tahun lalu.

Banyak dongeng yang menyebutkan bahwa api ditemukan dari peristiwa petir yang menyambar ke bumi dan membakar semak belukar. Api ini kemudian dikelola dengan dibiarkan hidup terus menerus untuk membantu kehdupan manusia.

Manusia-manusia purba kemudian menggunakan api untuk melindungi dirinya dari predator. Api kemudian digunakan untuk menjadi penghangat saat cuaca/iklim turun drastis.

Api kemudian juga digunakan untuk memasak makanan dan mengawetkan makanan. Dengan penemuan api dan pengawetan manakan, manusia purba mulai berani meninggalkan lingkungannya dan merantau untuk menemukan kehidupan baru.  Namun kita belum menemukan informasi yang cukup tentang bagaimana manusia mengelola api dan menemukan cara menciptakan api lewat batu api atau ranting yang digosok sebagaimana yang kita ketahui sekarang.

Pertanian

penemuan penting manusia - pertanian
Penemuan penting manusia – situs pertanian pada masa neolithic

Awal kehidupan, manusia masih menganut Jika manusia patriarki. Sejarah kehidupan manusia diawali dengan kehidupan berburu dimana lelaki mencari makan hingga berhari-hari melalui cara berburu. Cara ini masih dilakukan manusia hingga 12 ribu tahun yang lalu. Catatan fosil menunjukkan pada 9000 hingga 10.000 tahun yang lalu manusia kemudian menemukan tehnik bercocok tanam.

Kunjungi Richland Untuk Budidaya Tanaman

Biji Alpukat, Kandungannya Berharga seperti Permata
Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan
Budidaya Alpukat, Bikin Renyah Dunia

Hal yang menarik dari pertanian ini adalah bahwa manusia berhasil mendomestifikasi anjing dan sejumlah binatang piaraan lain. Domestifikasi artinya kurang lebih membawa anjing atau piaraan lain dalam kehidupan manusia. Anjing tidak lagi hodup liar namun sudah memasuki dan hidup berdampingan dengan manusia.

Penemuan tehnik bercocok tanam seperti gandum, jagung dan kacang-kacanganlah yang kemudian mendomestifikasi manusia. Manusia mulai hidup menetap dan kerkumpul dengan keluarga lain membentuk komunitas.

Tehnik pertanian terus berkembang dengan penemuan-penemuan irigasi dimana manusia memodifikasi aliran air untuk mengairi pertaniannya. Manusia juga menemukan tehnik rotasi tanam agar tanah bisa terus menyediakan unsur hara bagi tanamannya.

Pemurnian Air

Pemurnian air adalah salah satu penemuan penting bagi manusia. Tingkat kematian akibat air yang kotor demikian tinggi. WHO memperkirakan jumlah kematian akibat pencemaran air mencapai 3.4 juta orang pertahun.

Dimasa lampau, sejumlah penyakit menular muncul dari air yang kotor seperti kolera. Penyakit ini membunuh ribuan orang diseluruh dunia.

John Snow pada 1854 memperkenalkan klorin untuk membunuh mikroorganisme pada air yang kotor. Sejak itu, sejumlah bahan kimia tambahan telah diberikan pada airdengan tujuan pemurnian air. Sistem penyaringan air terus dilakukan dan berubah hingga saat ini untuk membantu kehiduan manusia terkait dengan konsumsi air.

Antibiotik

penemuan penting manusia - penicilin
Penemuan penting manusia – Penicilin untuk membantu mengatasi penyakit akibat bakteri

Antibiotik adalah penemuan penting bagi manusia berikutnya. Penicilin. Antibiotik ini digunakan untuk mengobati bakteri yang menyebabkan penyakit.

Pada tahun 1920, fisikawan Dr. Alexander Fleming mencoba mengembangkan antibakteri. Saat itu, ia mendapati jamur yang mengontaminasi cawannya menghalangi pertumbuhan patogen yang ditelitinya.

Pada tahun 1929, Fleming menerbitkan artikel ilmiah berdasarkan temuannya itu. Salah satu siswanya, Dr. Cecil Paine, mendemonstrasikan efektivitas penisilin, obat yang dibuat dari jamur, melawan bakteri penyebab penyakit.

Sejak itu, penggunaan penisilin dan antibiotik lain berhasil mengurangi kematian dari beberapa penyakit. Di Swedia misalnya, tingkat kematian akibat infeksi saluran kelamin pada anak-anak menurun drastis–dari 1 di antara 1.000 pada tahun 1911 menjadi 1 di antara 100.000 kelahiran pada tahun 1970.

Pengawetan Makanan

penemuan penting bagi manusia - pengawetan makanan
Nicholas Apper

Meskipun sejak memiliki kemampuan mengendalikan api manusia telah mampu mengawetkan makanan, namun tehnik pengawetannya belum terlalu sempurna. Tehnik ini kemudian semakin menghilang dengan ditemukannya tehnik pertanian. Manusia makanan dari apa yang bisa dihasilkan pada saat itu. Gandum, jagung dan kacang-kacangan masih bisa disimpan tanpa membutuhkan tehnologi khusus.

Semakin maju kehidupan manusia, semakin banyak “bencana” yang membuat manusia tidak mampu melakukan cocok tanam. Bencana alam dan perang kemudian memaksa manusia berpikir ulang terkait pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Tehnologi pengalengan makanan pada akhir abad ke 18 muncul akibat rasa putus asa akibat perang yang berkelanjutan. Pemerintah Perancis kemudian menyelenggarakan sayembara bagi siapa yang bisa menyediakan makanan bagi tentara yang hendak berperang. Seorang koki dari Paris, Nicholas Apper kemudian memasukkan makanan kedalam botol dan disumbat gabus. Botol lalu direndam kedalam air hangat untuk mengeluarkan udara yang terperangkap didalamnya. Nicholas percaya, udaralah yang membuat busuk makanan.

Ide ini digunakan oleh tentara Perancis untuk menyimpan unggas, sayur dan beberapa makanan lainya termasuk saus. Makanan ini bertahan hingga 4 bulan sejak dimasukkan botol.

Demikianlah beberapa penemuan penting bagi manusia. Manusia selalu menemukan cara untuk mendukung dan mempermudah kehidupannya.

Leave a Reply