Ajaibnya Tubuh Manusia

Langit KetujuhTubuh manusia seperti halnya sebuah mesin yang penuh dengan keajaiban. Sebagaimana mesin, tentunya tubuh memiliki sub-sub mekanika tersendiri yang bekerja menjadi satu kesatuan. Apa saja yang bisa kita temukan keajaiban dari tubuh kita?

1. Tetap Hidup Meskipun Tanpa Beberapa Organ

Kita akan tetap hidup meskipun kehilangan sejumlah organ. Kecuali untuk Hati dan Jantung, kita masih bisa terus menghirup nafas apabila kehilangan limpa, 1 ginjal, 1 paru-paru, 75% bagian hati, 80% bagian usus, dan organ lainnya yang terletak di daerah pinggul dan pangkal paha.

2. Kematian ratusan juta sel

Setiap satu menit, tubuh kita kehilangan 300 juta sel. Ini setara dengan jumlah penduduk sebuah negeri. Lalu apakah kita akan lenyap karena kehilangan sel sedemikian banyak? Enggak. Setiap harinya kita memproduksi 30 sampai 50 triliun sel, bergantung dengan usia tubuh manusia itu sendiri.

3. Rambut Paling Sulit Dihancurkan

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang paling sulit dihancurkan. Kerusakannya berjalan sangat lambat dan bertahan lebih lama disbanding organ tubuh lainnya. Sering kita temui mummy yang berusia ribuan tahun masik memiliki trambut dikepalanya. Tidak ada satupun baik itu perubahan iklim, kelembapan, suhu, zat asam atau kimia yang bias merusak rambut, kecuali api.

4. Waspadai kekuatan asam lambung

Perut juga organ terkuat dalam tubuh kita. Sebagaimana diketahui, didalamnya terdapat asam lambung yang sangat kuat sehingga bisa melarutkan zat seng. Untungnya, lapisan didalam perut mampu memperbaharui diri dengan sangat cepat sehingga asam lambung tidak sempat membuat bolong perut kita.

5. Paru-paru, tulang dan kuku

Didalam paru-paru terdapat pembuluh darah kapiler. Sedemikian banyak sehingga bila kita mengambil satu persatu dan membentangkannya maka akan menghasilkan panjang 2000 km.

Tulang juga memiliki kekuatan yang menakjubkan Satu blok tulang sebesar korek api mampu menahan beban hingga 5 ton.

Baca Juga: Langit Ketujuh

Kuku juga tumbuh secara konstan dan teratur. Membutuhkan waktu setengah tahun untuk menumbuhkan kuku dari pangkal hingga ujung kuku.

6. Kita selalu tumbuh setiap malam

Kita tumbuh sekitar sepertiga inchi setiap malamnya. Namun pada siang hari, cakram tulang belakang tertekan oleh gravitasi dan berat badan sehingga kembali menyusut seperti semula.

7. Nature’s filter

Ginjal berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh. Yang menakjubkan disini adalah kapasitas filter dari ginjal. Setiap ginjal mengandung 1 juta filter. Hal ini berarti di dalam tubuh mengandung 2 juta filter, yang menyaring 1,3 liter darah per menit dan mengeluarkan urin 1,4 liter per hari ! Tanpa fungsi filter ini, racun akan menumpuk di dalam tubuh kita dan kita akan sering sakit dan dekat dengan kematian….inilah sebabnya orang2 yang mengalami gagal ginjal, perlu melakukan pencucian darah rutin.

8. Tubuh kita panas

Tubuh manusia adalah sebuah mesin produksi energi yang besar. Ketika melihat tubuh manusia menggunakan teknologi infra merah, yang terlihat adalah pancaran panas yang keluar dari tubuh manusia.

Panas yang dihasilkan oleh tubuh, membantu manusia untuk tetap hidup. Faktanya, tubuh manusia dapat menghasilkan panas hanya dalam waktu 30 menit, dimana hasilnya adalah panas tersebut dalam membuat setengah galon air mendidih.

Yang terlihat memang tidak seperti ketika memasak air hanya dalam waktu beberapa menit di atas kompor, namun ingatlah bahwa dengan panas tersebut dan tanpa melakukan apapun setiap hari, panas itu membuat tetap hidup hingga hari ini.

9. Kita adalah makhluk visual

Kita adalah makhluk visual karena sebagian informasi yang kita peroleh berasal dari indra penglihatan daripada indra lainnya. Meskipun kelelawar dapat memproses sebagian besar informasi melalui telinganya, kita memproses lebih dari 90% informasi melalui mata kita, sedangkan 10% informasi lainnya diproses melalui indra sentuhan, rasa, bau, dan suara.

10. Melewati batas kecepatan

Tubuh manusia tidak dapat bergerak secepat binatang lain, cheetah contohnya, tetapi manusia bisa melebihi kecepatan 100 mil per jam dengan sesuatu, bersin.Ketika kita bersin, kita mengeluarkan udara dari hidung dan mulut dengan kecepatan 100 mil per jam. Dan itu merupakan sesuatu hal yang harus dibanggakan.

Lebih Jauh Tentang Biomedical Treatment

Sebagai tambahan informasi, apabila bersin, jangan ditahan. Apabila tetap nekat menahan bersin, akibatnya adalah menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung, mimisan, pecah gendang telinga, gangguan pendengaran, vertigo (gejala sakit berupa sensasi berputar), dan retina yang terlepas atau mengalami emfisema (hal ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin yang tinggi). Jadi kalau bersin jangan ditahan ya.

Leave a Reply