Berbisnis Dengan Pasangan, Berikut Yang Harus Diperhatikan

berbisnis dengan pasangan

Ayahbang | Berencana berbisnis dengan pasangan, ada hal-hal yang mesti diperhatikan sebelum melanjutkannya. Hal yang perlu dicatat, sah-sah aja kok berbisnis dengan pasangan namun kita perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum melangkah lebih jauh.

Tidak ada satupun aturan yang melarang tentang berbisnis dengan pasangan. Bahkan ini bisa menjadi awal hubungan yang bagus untuk membangun ekonomi keluarga. Namun ingat, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal terkait ha hal tersebut. Berikut beberapa tip sebelum anda memutuskan berbisnis dengan pasangan anda. :

Artikel Lain Dari Tetangga
Urban Farming – Lifestyle atau Keharusan?
Memenuhi kebutuhan cabai rumah tangga kecil
Penampilan Tabulampot Perlu Agar Tampak Indah
Bangun Pagi, Keuntungannya Menjadi Manusia Pagi
Ikan untuk kesehatan
Kalsium Pada Anak Autis, Seberapa Perlu?

1. Butuh Satu Konsep

Dengan siapapun anda mulai berbisnis, hal yang harus anda lakukan yaitu menyatukan konsep. Konsep seperti apa yang akan anda angkat?

Siapa pun pasangan bisnis anda, entah itu kawan teman sahabat atau yang lainnya, anda membutuhkan hal ini. Bisnis kuliner, fashion, atau perawatan tubuh saat ini memang sedang booming.

Namun, anda tidak harus mengikuti tren. Modal hobi dan kesenangan itu lebih dari cukup untuk memulai sebuah bisnis. Oleh sebab itu, temukan satu hal yang membuat anda dan pasangan menjadi satu.

Gunakan itu untuk membuka sebuah bisnis. Manfaatkan informasi itu sebagai salah satu inspirasi anda membuka bisnis. Satukan konsep bisnis. Mulai dari menentukan nama usaha, lokasi, dan beragam hal detail lainnya. Diskusikan itu sebelum anda melangkah ke jenjang yang lebih serius.

2. Perencanaan Modal yang Matang

Pasti butuh modal. Segala bisnis yang ingin anda bangun pada akhirnya anda akan membutuhkan modal. Modal dalam hal ini tidak selamanya berupa materi lho. Niat keberanian, ketekunan, dan hal-hal yang bersifat abstrak pun anda butuhkan.

Karena ini bentuk usaha berdua, maka sangat penting bagi Anda berdua mendiskusikannya.
Hal-hal yang sifatnya seperti materil, seperti asal muasal modal, itu patut anda pertanyakan. Permasalahan seperti persentase pun harus anda bicarakan.

Jangan sampai anda membicarakan hal ini di tengah jalan. Bisa-bisa bisnis anda mengalami permasalahan. Hal-hal yang bersifat fundamental seperti ini merupakan hal penting. Modal Anda dan si dalam bisnis ini menentukan jumlah keuntungan yang didapat per orang kelak.

3. Usahakan Se-transparan Mungkin

Kejujuran dalam berbisnis merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Apapun dan dengan siapapun. Meskipun hubungan Anda dan si dia lebih jauh daripada hanya sekadar rekan bisnis, bukan berarti anda tidak harus menjelaskan segala hal yang terkait bisnis. Ini bisnis. Segala hal bisa menjadi boomerang bila tidak dijelaskan mulai saat ini.

Perhitungan modal, keluar masuknya uang, dan jumlah keuntungan yang didapatkan sebisa mungkin selalu diketahui bersama. Jangan sampai kecurigaan antar satu sama lain membuat bisnis yang anda bangun bersama jadi terhambat. Bahkan, lebih buruk lagi, permasalahan ini merusak hubungan cinta Anda berdua.

4. Selalu Bersama

Namanya juga membangun bisnis bersama, artinya anda mengelola dan mengerjakannya secara bersama-sama. Kekompakan merupakan modal yang sangat bagus untuk membangun sebuah bisnis. Jangan sampai ada yang tidak seimbang. Dalam pembagian tugas terutama. Semua harus mendapatkan porsi yang seimbang.

Jangan mentang-mentang cewek, jadi sebagian besar pekerjaan dikerjakan si cowok. Ini bisnis. Membuka bisnis membutuhkan kekompakan dan kerjasama yang baik. Apabila terjadi permasalahan dalam hal ini, maka bisnis anda memiliki kemungkina bisnis anda akan sulit berkembang. Situasi positif yang saling mendukung merupakan kondisi yang baik untuk membangun sebuah bisnis.

5. Jaga Komitmen Bisnis

Ini yang sepertinya lumayan sulit. memikirkan hasil yang menyenangkan merupakan hal yang baik. Namun, tidak ada salahnya bila anda juga memikirkan worst case scenario yang mungkin terjadi. Terutama bila hubungan cinta Anda berakhir, mau dibawa ke mana bisnis anda ini? Hubungan profesional merupakan hubungan yang tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang sifatnya personal.

6. Berkomunikasilah Dengan Baik

Sebelum Anda berdua benar-benar memulai bisnis ini, bicarakan hal ini. Komitmen berdua kelak membuat Anda dan si dia merasa diuntungkan dengan bisnis ini. Tidak terpengaruh dengan permasalahan personal. Lingkungan bisnis sudah seharusnya dijauhkan dari lingkungan pribadi keluarga.

Selain itu, karena Anda merupakan pasangan, seharusnya komunikasi bisa berjalan dengan baik. Jangan simpan masalah yang berhubungan dengan bisnis kepada pasangan. Jadi, semoga sukses berbisnis!

Leave a Reply